Zaman Sekarang Berbelanja Fashion di Dominasi Lewat Aplikasi Mobile
Seiring meningkatnya jumlah transaksi online secara
eksponensial, online shopping telah menjadi bagian dari gaya hidup para
konsumen. Kemudahan dalam mencari, membeli dan menerima barang melalui berbagai
metode pengiriman, serta banyaknya pilihan yang tersedia mendorong konsumen
untuk melakukan lebih banyak transaksi secara online daripada sebelumnya.
Mengacu pada data yang telah dikumpulkan dari bulan Januari hingga Juni 2019,
platform online fashion dan gaya hidup terkemuka, Zilingo, membagikan beberapa
hasil penemuannya mengenai kebiasaan belanja pelanggannya pada paruh pertama
2019.
“Zilingo berkomitmen
untuk menempatkan pelanggan kami sebagai pusat dari bisnis kami. Melalui
laporan ini, kami ingin membagikan hal yang telah kami pelajari mengenai
pelanggan kami dan berharap untuk dapat mengeksplorasi bagaimana kami dapat
memenuhi kebutuhan mereka denganlebih baik,” ujar Sarah Humaira, VP dan Head of
B2C Marketing, Zilingo. “Kami juga ingin berterimakasih kepada para pelanggan
kami Zilingo sebagai platform pilihan untuk kebutuhan fashion dan gaya hidup
mereka.”
Kebisaan berbelanja online didominasi melalui aplikasi mobile
1. Produk
fesyen tetap menjadi kategori yang paling banyak dibeli
Sebagai
destinasi utama dalam hal fashion dan gaya hidup, tidak mengejutkan jika
pakaian dan aksesoris fashion menjadi prioritas utama pelanggan kami ketika
mengunjungi dan berbelanja di Zilingo. Lima kategori teratas yang terjual pada
semester pertama 2019 adalah pakaian (31,11%), sepatu (20,23%), kebutuhan rumah
tangga (11,46%), pakaian Muslim(9,19%), serta tas dan dompet (5,43%). Selain
itu, data juga menunjukkan bahwa parapelanggan mulai membeli lebih banyak
barang untuk kebutuhan rumah mereka seperti keperluan kamar tidur, dekorasi
rumah serta penyimpanan untuk pakaian dan sepatu, yang menjadikan Zilingo
sebagai platform lengkap untuk memenuhi kebutuhan fashion dan gaya hidup
mereka.
2. Pelanggan laki-laki semakin peduli dengan
penampilan
Lebih
dari 40% pelanggan Zilingo adalah pria dengan pilihan busana paling digemari,
yaitu kaos dan kemeja polo (14,75%), sandal (8,34%), sepatu (8,14%), pakaian
kasual (7,39%),dan kemeja formal (5,95%).Sebagai perbandingan, hampir 60%
pelanggan Zilingo adalah wanita dan lima produk yangpaling banyak dibeli adalah
flat shoes (7,84%), sepatu kasual (7,81%), sandal (6,81%),atasan dan tunik
(6,72%), serta legging (6,63%).
Hasil
survey terhadaap kebiasaan berbelanja
3. Ponsel
dan tablet semakin populer untuk keperluan belanja online
Smartphone
dan tablet kian memudahkan pembeli untuk mencari produk dan menemukan ulasan
dari pelanggan lain sebelum melakukan transaksi. Tren ini juga populer diantara
para pelanggan Zilingo yang 85% diantaranya melakukan transaksi langsung
melalui aplikasi mobil eZilingo. Sebagian besar transaksi juga terjadi saat
istirahat makan siang antara jam 12 - 2 siang atau selepas jam kerja antara jam
6 sore - 8 malam. Hal ini menunjukkan bahwa online shopping telah menjadi
sebuah rutinitas yang pelanggan lakukan dalam waktu luang mereka.
4. Pelanggan
dari pulau Jawa mendominasi pembelian
Lebih
dari 50% transaksi di Zilingo berasal dari pulau Jawa, khususnya di Jawa
Barat.Menyusul di tempat kedua dan ketiga adalah Sumatera dan Sulawesi. Jika
ditelaahberdasarkan kota, Medan berada di posisi pertama sebagai kota dengan
jumlah pesanan terbesar, diikuti oleh Surabaya, dan Bekasi.
5. Pelanggan
lebih memilih fitur pembayaran ‘Cash on Delivery’
Sebagai
salah satu dari sebagian kecil platform e-commerce yang menawarkan layanan
'Cashon Delivery' (COD), Zilingo meringankan salah satu tantangan pelanggan
ketika berbelanjasecara online. Fitur COD ini terbukti diterima dengan baik
oleh pelanggan Zilingo karenasebagian besar pembelian di Zilingo menggunakan
fitur pembayaran ini. Melalui COD,pelanggan yang minim atau tanpa akses ke bank
tetap dapat membeli keperluan fesyen favoritmereka dimanapun mereka berada.
Pelanggan juga dapat memeriksa produk yang dibelisecara langsung sebelum
membayarnya. Hal ini menciptakan rasa saling percaya dan tingkatpemahaman yang
lebih tinggi antara Zilingo dan pelanggannya.
0 Response to "Zaman Sekarang Berbelanja Fashion di Dominasi Lewat Aplikasi Mobile"
Posting Komentar