Bingung Menentukan Karir Masa Depan? Ini Tips nya

 

Bingung Menentukan Karir Masa Depan? Ini Tips nya

Menemukan minat kerja memang bukan hal yang mudah. Terkadang kita sendiri masih terbentur berbagai faktor sehingga sulit untuk menentukan karir di masa depan. Namun permasalahan ini masih bisa dipecahkan dengan berbagai solusi mudah, salah satunya adalah dengan program INI AKU dari ASI Online Assessment Indonesia.

Platform INI AKU akan memberikan Anda kesempatan untuk memastikan minat kerja sesungguhnya dengan beberapa uji tes yang terlampir.

Meskipun begitu, ada baiknya jika Anda setidaknya tetap mengetahui minat diri terlebih dahulu, dan barulah memanfaatkan platform tersebut untuk lebih memudahkan penentuan karir masa depan.

Menurut penjelasan dari researchgate.net, minat atau Interest merupakan suatu posisi kecenderungan, atau reaksi perasaan yang berlangsung secara terus-menerus hingga mendominasi pemikiran seseorang untuk membuat dirinya menjadi lebih selektif terhadap objek yang diminati.  Dalam dunia kerja, minat bisa menjadi salah satu faktor kesuksesan karir seseorang. Seseorang yang bekerja sesuai dengan minatnya, maka mereka cenderung lebih bersemangat dalam melaksanakan tugasnya. Dengan begitu hasil pekerjaan yang dilakukan pasti akan memuaskan.

Namun, menentukan minat bukan hal yang mudah, khususnya yang berkaitan dengan pekerjaan. Bukan tidak mungkin, seseorang yang merasa berminat dalam suatu bidang tetapi ketika benar-benar terjun ke bidang tersebut merasa kesulitan dan tidak lagi berminat. Kondisi tersebut bisa terjadi karena berbagai hal, seperti belum menemukan minat yang sebenarnya, atau merasa berminat pada suatu hal karena faktor lingkungan. Misalnya perintah orangtua, ikut teman, dan sebagainya. Namun, ada juga yang karena memang belum menemukannya karena merasa tidak ada hal yang menarik perhatiannya.

Untuk membantu Anda menemukan minat, ada beberapa hal yang bisa dilakukan, yaitu:

·         Lakukan berbagai aktivitas berbeda. Dari beragam aktivitas tersebut, mungkin saja Anda akan menemukan hal yang paling menarik.

·         Kenali diri sendiri. Cobalah untuk tidak mendengarkan pendapat orang sekitar tersebut dan fokus pada diri Anda untuk bisa benar-benaar mengenali diri sendiri.

·         Meminta pendapat orang sekitar. Setelah Anda merasa sudah mengenali diri sendiri, barulah minta pendapat orang sekitar. Jadikan pendapat mereka hanya sebagai masukan, bukan sesuatu yang harus Anda turuti (jika memang tidak sesuai dengan minat Anda).

Setelah memahami minat Anda, manfaatkan platform asesmen online untuk semakin meyakinkan diri Anda. Salah satu yang bisa digunakan adalah INI AKU.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, INI AKU merupakan platform asesmen online dari ASI Asia Pacific. Platform ini ditujukan untuk siswa SMA/SMK dan sederajat yang hampir lulus dan sedang bingung memilih jurusan kuliahnya. Dalam platform ini terdapat tes berbasis internet (online) yang akan membantu mengarahkan karir masa depan Anda.

Tidak hanya memberikan informasi karir yang sesuai untuk Anda dan jurusan yang tepat untuk mendukung karir tersebut saja, platform ini juga dilengkapi dengan berbagai informasi lain. Seperti jenis pekerjaan yang dilakukan pada karir tersebut, dan juga requirement yang dibutuhkan. Bersama INI AKU dari ASI Asia Pacific, wujudkan masa depan yang cerah dengan karir yang tepat!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bingung Menentukan Karir Masa Depan? Ini Tips nya"

Posting Komentar